Tuesday, June 26, 2012

Ethics & Technology | Compare the employer and employee positions on electronic monitoring at the workplace


Compare the employer and employee positions on electronic monitoring at the workplace.























As an employee of an organization, your productivity during your time at work represents the performance portion of the pay-for-performance contract you entered into with the company when hired you. Therefore, your actions during that time are at the discretion of the company. The organization has an obligation to its stakeholders to operate as efficiently as possible, and to do so it must ensure that its company resources are not misused. From an employee's viewpoint, his or her contract should not intrude upon his or her civil rights as an individual. As such, employees should be notified of any electronic monitoring and its purpose. Electronic monitoring also implies that employees cannot be trusted, which raises the question: Why did the company hire that employee?



Source: 
Ghillyer_Business Ethics A Real World Approach 2e

2 comments:

  1. Christy Ayu Sarah Panjaitan
    (10130110033)

    memang, produktivitas dan etos kerja yang baik sungguh diharapkan ada dalam diri seorang karyawan. berbagai fasilitas dan benefit yang diberikan oleh perusahaan pun sudah banyak menunjang pekerjaan dari karyawan. ketakutan akan adanya penyalahgunaan kebaikan tersebut terkadang memang kerap dirasakan pihak perusahaan.

    namun menurut saya, jika sudah ada kepercayaan antara karyawan dan atasannya sejak awal, maka ketakutan-ketakutan semacam itu seharusnya sudah tidak ada lagi. dan dari pihak karyawan, seharusnya telah timbul kesadaran diri untuk tidak menyalahgunakan kepercayaan yang telah diberikan perusahaan.

    pemantauan elektronik memang diperlukan, -seperti adanya penggunaan suatu software untuk memantau elektronik yang digunakan karyawan- namun tidak semata-mata dikarenakan ketidakpercayaan perusahaan terhadap kerayawannya, melainkan dapat dilihat dari segi penilaian terhadap kinerja karyawan itu sendiri. sehingga tidak akan muncul lagi pertanyaan, "mengapa perusahaan masih mau merekrut karyawan tersebut?"

    menurut saya, keperayaan adalah hal yang terpenting dan terutama untuk memupuk hubungan baik antara karyawan dan perusahaan. sehingga walaupun terdapat pemantauan elektronik yang dilakukan perusahaan, hal tersebut bukan lagi dikarenakan adanya ketidakpercayaan semata.

    ReplyDelete